Apa itu ERP? Apa saja benefit-benefitnya bagi perusahaan dan organisasi?

06 Nov

Apa itu ERP? Enterprise Resource Planning atau Sistem Manajemen Perusahaan adalah software manajemen aktivitas bisnis yang memungkinkan sebuah organisasi bisnis untuk memanfaatkan aplikasi sistem terintegrasi untuk mengatur jalannya bisnis dan men-digitalkan aktivitas back office yang berhubungan dengan teknologi, pelayanan dan sumber daya manusia.

ERP adalah perekat yang merekatkan berbagai sistem berbeda pada sebuah organisasi yang besar. Setiap departemen atau divisi dalam organisasi bisnis pasti memiliki sistemnya sendiri untuk menjalankan tugasnya. Dengan ERP, setiap divisi masih memiliki sistemnya sendiri, namun mereka bisa berkomunikasi dengan mudah dan berbagi informasi dengan seluruh divisi perusahaan. Software ERP bekerja sebagai sistem pusat saraf organisasi bisnis. ERP mengumpulkan informasi tentang aktivitas dan kondisi divisi-divisi bisnis berbeda, membuat ketersediaan informasi untuk divisi lain dalam rangka meningkatkan produktivitas. Informasi pada ERP didapatkan secara real-time (saat itu juga). Ini membuat perusahaan menjadi lebih mawas diri dengan keadaannya karena informasi mengenai produksi, keuangan, distribusi dan sumber daya manusia terhubung satu sama lain. ERP menghubungkan teknologi-teknologi berbeda yang digunakan tiap bagian divisi organisasi bisnis, menghilangkan teknologi ganda dan tidak kompatibel yang memberatkan perusahaan. ERP menciptakan integrasi akun pembayaran, sistem pengendali stok, sistem monitoring order dan database klien dalam satu sistem.

Berikut beberapa benefit bagi perusahaan yang menggunakan software ERP.

Kompetisi. Benar bahwa membangun software ERP membutuhkan biaya/investasi yang cukup besar, tapi ada resiko besar juga bila tidak membangunnya. Sementara beberapa perusahaan masih tetap menggunakan metode lama, yang lain memilih solusi teknologi. Para pesaing menggunakan software ERP untuk meningkatkan efisiensi bisnisnya dan mendapat berbagai keuntungan darinya.

Efisiensi. Software ERP mencegah proses pengulangan dan menghilangkan kebiasaan menginput informasi secara manual. Sistem ERP juga menyerdehanakan proses bisnis dan membuatnya lebih mudah dan lebih efisien bagi perusahaan untuk mengumpulkan data di departemen manapun.

Forecasting. ERP menawarkan pengguna, terutama manajer, sebuah alat untuk menciptakan ramalan penjualan yang lebih akurat. Informasi yang dihasilkan ERP akurat, para pebisnis dapat membuat estimasi ramalan penjualan yang realistik dan lebih efektif.

Kolaborasi.  Kolaborasi diantara departemen sangat krusial dan penting bagi jalannya bisnis. ERP mengintegrasikan data yang dapat digunakan oleh setiap departemen dan berbagi informasi.

Informasi yang terintegrasi. Tak ada lagi persoalan data yang terpencar-pencar dengan database yang terpisah; semua informasi akan disimpan pada satu lokasi saja. Ini memungkinkan perusahaan untuk mengintegrasikan platform software seperti Poin of Sale dengan software ERP. Menjaga data tetap konsisten, akurat dan unik. Memahami klien, order mereka dan persediaan perusahaan, semua dalam satu lokasi.

Menghemat biaya. Dengan sumber informasi yang akurat, informasi real-time, ERP mengurangi beban biaya administrasi dan operasional. Ini memungkinkan perusahaan secara proaktif mengatur operasionalnya, mencegah penundaan dan membantu pengguna membuat keputusan dengan lebih cepat.

Mobilitas. ERP dapat digunakan atau diakses dimanapun, kapanpun. Di rumah, kantor dimanapun melalui aplikasi mobile.

Pelaporan. Software ERP membuat proses pembuatan laporan lebih mudah dan mudah diedit. Perusahaan dapat menemukan data yang kompleks untuk pelaporan dengan mudah. Pengguna juga bisa membuat laporan tanpa mengandalkan bantuan dari orang IT, menghemat waktu pengguna.

Copyright © 2016. Jenderal Corp.